Dinkes Sebut Warga Konfirmasi COVID-19 di Rejang Lebong Tambah 92 Kasus

Rejang Lebong, Bengkulu – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyebutkan jumlah warga daerah itu yang dinyatakan terkonfirmasi COVID-19 bertambah 92 orang sehingga totalnya mencapai 1.605 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong Syamsir dalam keterangan tertulisnya di Rejang Lebong, Rabu, mengatakan warga yang dinyatakan terkonfirmasi positif ini sebagian besar tengah menjalani isolasi mandiri dan sebagian lainnya menjalani perawatan di RSUD Curup.

“Hari ini ada penambahan 92 kasus terkonfirmasi positif, penambahan ini merupakan yang terbanyak sejak kasus pertama pada Juni 2020 lalu hingga tanggal 14 Juli 2021,” kata dia.

Dia menjelaskan dari keseluruhan kasus penyebaran COVID-19 di wilayah itu, 1.420 kasus dinyatakan telah selesai menjalani isolasi atau sembuh, 31 kasus meninggal dunia, dan 154 kasus masih menjalani pengawasan baik di rumah sakit maupun isolasi mandiri.

Penambahan 92 pasien terkonfirmasi positif ini, 18 orang menjalani perawatan di RSUD Curup di antaranya dua orang dari Kecamatan Curup Timur, satu orang dari Kecamatan Curup, lima orang dari Kecamatan Curup Selatan, satu orang dari Kecamatan Curup, dua orang dari Kecamatan Selupu Rejang, tiga orang dari Kecamatan Curup Tengah, empat lainnya berasal dari Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT), Kecamatan Sindang Dataran, Kecamatan Bermani Ulu Raya, dan satu lagi dari Kecamatan Kota Padang.

Sebanyak 74 orang lainnya tengah menjalani isolasi mandiri terdiri atas dua orang dari Kecamatan Kota Padang, 17 orang dari Kecamatan Selupu Rejang, 12 orang dari Kecamatan Bermani Ulu Raya, lima orang dari Kecamatan Curup Timur, dua orang dari Kecamatan Curup Selatan, sembilan orang dari Kecamatan Curup Utara, dua orang dari Kecamatan Bermani Ulu, 17 orang dari Kecamatan Sindang Dataran, enam orang dari Kecamatan Sindang Kelingi, dan dua orang lainnya dari Kecamatan Curup Tengah.

Tercatat juga 35 kasus sembuh terdiri atas tujuh orang dari Kecamatan Curup Timur, satu orang dari Kecamatan Selupu Rejang, lima orang dari Kecamatan Curup, tujuh orang dari Kecamatan Curup Tengah, empat orang dari Kecamatan Curup Utara, lima orang dari Kecamatan Curup Selatan, serta enam orang dari Kecamatan Curup.

Dia menambahkan jumlah kasus suspek tercatat 589 kasus, dengan jumlah suspek diisolasi 24 kasus serta data sampel tes usap yang telah diperiksa di laboratorium 5.204 spesimen.

Dia meminta masyarakat daerah itu selalu mematuhi protokol kesehatan 5M dengan menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir, selalu menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. (Ant)