Dinsos Mukomuko Berupaya Perbaiki Data 400 Penerima Bantuan Sosial

Mukomuko – Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu berupaya memperbaiki data 400 keluarga penerima bantuan sosial yang belum sepadan agar penyaluran bantuan sosial tepat sasaran.

“Saat ini kami sedang memperbaiki data sebanyak 400 penerima PKH dan bantuan pangan nontunai yang belum sepadan seperti nomor induk kependudukan (NIK) dan namanya yang tidak sepadan,” kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko Saroni dalam keterangannya di Mukomuko, Senin.

Ia menjelaskan data penerima bantuan sosial yang tidak sepadan itu seperti antara nama dengan NIK yang tidak sama dan ada nama penerima bantuan sosial di daerah ini yang ganda.

Untuk itu, katanya, tugas instansinya memperbaikinya dan menjadikan data penerima bantuan sosial menjadi sepadan untuk diusulkan sebagai penerima bantuan sosial dari pemerintah.

Ia menyebutkan 9.820 keluarga yang tergolong ekonomi miskin di daerah ini yang menerima bantuan sosial baik program keluarga harapan maupun bantuan pangan nontunai, data 400 keluarga di antaranya belum sepadan.

Ia mengatakan karena data belum sepadan sehingga mereka tidak bisa masuk dalam sasaran penerima bantuan sosial.

Untuk itu, pihaknya terus berupaya memperbaiki data itu agar warga miskin ini bisa masuk sebagai penerima bantuan sosial.

“Kita akan kumpulkan kartu keluarga (KK) untuk mengecek data sebanyak 400 keluarga warga yang tidak sepadan tersebut, kita juga bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil setempat untuk mengecek data warga ini,” ujarnya.

Selain itu, instansinya saat ini sedang mengusulkan 40 warga tergolong ekonomi miskin sebagai calon penerima bantuan sosial kepada pemerintah pusat.

“Kami hanya mengusulkan sebanyak 40 keluarga karena banyak warga miskin di daerah ini yang tidak memenuhi syarat sebagai penerima bantuan sosial seperti desil 50,” ujarnya.

Sebanyak 15.480 keluarga yang tergolong ekonomi miskin di daerah ini, 9.820 keluarga di antaranya menerima bantuan sosial dari pemerintah pusat. (Ant)