Mukomuko Salurkan BLT dan DD Bulan Ketujuh

Mukomuko – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu menyatakan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) bulan ketujuh kepada keluarga warga tergolong ekonomi miskin yang terdampak COVID-19 di daerah tersebut dimulai pada Juli 2021.

“Tiga desa mandiri di daerah ini, yakni Desa Penarik, Desa Medan Jaya, dan Desa Pulai Payung sudah menyalurkan BLT bulan ketujuh pada Jumat (16/7), desa reguler lainnya menunggu penyaluran dana desa dari KPPN, diperkirakan minggu depan,” kata Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, M Fadli, dalam keterangannya di Mukomuko, Minggu.

Menurutnya hal itu terkait perkembangan penyaluran BLT-DD kepada masyarakat yang tergolong ekonomi miskin yang terdampak COVID-19 yang tersebar di 148 desa daerah ini.

Ia mengatakan, baru tiga dari 148 desa mandiri di daerah ini yang menyalurkan BLT-DD bulan ketujuh kepada masyarakat setempat karena desa ini yang pertama menerima penyaluran Dana Desa dan Alokasi Dana Desa tahap satu sebesar 40 persen.

Setelah itu, katanya, disusul dengan ratusan desa lainnya di Kabupaten Mukomuko yang menerima penyaluran Dana Desa dan Alokasi Dana Desa pada tahap dua sebesar 40 persen pada akhir Juli 2021.

Sementara itu, sekitar 6.051 keluarga warga tergolong ekonomi miskin yang terdampak COVID-19 di 148 desa di daerah ini yang menerima manfaat BLT bulan ketiga, berkurang dibandingkan bulan sebelumnya 6.067 keluarga.

Sebanyak 148 desa di Kabupaten Mukomuko pada 2021 mendapatkan Dana Desa sebesar Rp123,16 miliar, meningkat dibandingkan dengan pada 2020 senilai Rp122,88 miliar.

Dari Dana Desa sebesar Rp123,16 miliar tahun ini, lanjutnya, setiap desa di daerah ini mendapatkan Dana Desa paling sedikit Rp600 juta dan paling banyak Rp1,5 miliar. (Ant)